Komposisi: Berkreasi dengan Foreground

Foreground adalah sesuatu yang sering terlupakan. Biasanya kita hanya fokus mencari background-background yang bagus dan akhirnya tidak terpikirkan sama sekali untuk menggunakan foreground. Padahal foreground bisa mengubah foto kita yang awalnya agak flat jadi lebih indah dan lebih f*cking awesome.

Oke, sebelumnya mungkin ada yang kurang paham apa itu foreground. Foreground adalah kebalikan dari background. Jika background adalah latar di belakang objek, kalau foreground letaknya di depan. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh penggunaan foreground (sumber: karya pribadi)

Contoh penggunaan foreground (sumber: karya pribadi)

Jadi seperti itulah foreground. Penggunaan foreground juga harus hati-hati, karena letaknya ada pada depan objek jadi jangan sampai foreground mengganggu objek utama. Agak susah memang, tapi kalau berhasil fotomu pasti lebih memukau.

Penggunaan foreground cara paling dasar dengan menggunakan teori rule of third seperti pada ilustrasi di bawah ini. Foreground bisa diletakkan di bagian 1/3 bawah dari foto.

Ilustrasi Foreground

Ilustrasi Foreground

 

Selanjutnya akan saya jelaskan bagimana penggunaan foreground yang lebih expert agar mempercantik komposisi foto layaknya profesional.

Foreground yang mengarahkan mata ke objek
Foregorund mengarahkan mata pada objek (sumber: karya pribadi)

Foregorund mengarahkan mata pada objek (sumber: karya pribadi)

Foreground ini biasanya menggunakan jalan. Jadi mata orang yang melihat foto akan melihat jalan dulu baru kemudian mengarah ke objek.

Objek yang dapat digunakan adalah jalan, batang tanaman (jika objeknya yang di foto ada pada tanaman yang sama), pagar, dll

Foreground Bokeh
Foreground bokeh (photo by: Neil van Niekerk)

Foreground bokeh (photo by: Neil van Niekerk)

Semua orang suka bokeh. Bokeh di background membuat foto lebih indah, bokeh juga bisa digunakan di foreground. Contohnya bisa dengan menggunakan benda-benda kecil di sekitar kita. menggunakan gelang manik-manik yang berkilau juga bisa membantu. Biasanya ini digunakan oleh fotografer fashion.

Objek yang bisa digunakan adalah manik-manik, plastik, lampu-lampu hias, dll

Foreground yang membingkai objek
Foreground frame (Photo by: me)

Foreground frame (Photo by: me)

Foreground ini menggunakan objek lain sebagai bingkai yang memperindah foto. Selain memperindah dengan memberi bingkai pada foto akan membuat mata terfokus ke objek utama. Biasanya bingkai dibuat sangat gelap agar tidak terlalu mengganggu, tapi bisa juga dibuat terang, tinggal bagaimana kreativitas kita saja.

Objek yang bisa digunakan sebagai foreground adalah gapura, pintu, bingkai foto, jendela, dll

Foreground Seolah mengintip
Foreground mengintip (photo by me)

Foreground mengintip (photo by me)

Foreground seolah mengintip ini mirip-mirip seperti membingkai foto, bedanya objek utama di foto terlihat lebih kecil. Foreground yang digunakan menggunakan objek-objek yang biasa digunakan untuk mengintip juga. Yang suka iseng ngintipin orang saya jamin pasti pro banget kalau bikin komposisi seperti ini. 😏😏😏

Objek yang bisa digunakan adalah lubang kunci, celah pintu, jendela, celah pada tanaman, dll

Foreground yang mengubah perspektif
Foreground mengubah perspektif (photo "Forced Perspective Flower Skirt" by Meghan Vu)

Foreground mengubah perspektif (photo “Forced Perspective Flower Skirt” by Meghan Vu)

Ini yang unik, foreground untuk mengubah perspektif dari foto. Biasanya dipakai untuk lucu-lucuan.

 

Nah sekarang sudah pahamkan bagaimana membuat Photo like a Pro. Jangan cuma dibaca, langsung praktekkan ya!

 

Advertisements