Atur FL Kemudian Jarak Foto – Pengaruh FL ke Komposisi Foto

Masih adakah dari teman-teman pecinta fotografi yang lebih mendahulukan mengatur jarak foto baru kemudiannya FLnya? Jika masih ada, mari ubah kebiasaan tersebut. Mengapa? Karena FL dapat sangat berpengaruh terhadap komposisi dari suatu foto. Mari kita lihat ilustrasi dari foto di bawah ini yang saya dapat dari google.

Posing-101-with-Lindsay-Adler-1024x535Dari ilustrasi di atas dapat kita perhatikan komposisi dari setiap foto sama yang berbeda terdapat pada distorsi pada foto tersebut. Lensa wide yang memiliki FL berangka kecil memiliki distorsi yang cukup besar sehingga berdampak pada wajah dari model.

Kemudian kita lihat lagi pada ilustrasi di bawah ini yang gambarnya saya dapat juga dari google.

focal-length-comparisonDari ilustrasi yang kedua ini dapat kita lihat perbedaan background dari foto. Semua foto tersebut sesungguhnya memiliki komposisi yang sama yaitu model berada tepat ditengah-tengah dengan pengambilan gambar hingga lengan, namun karena perbedaan FL lensa, background setiap gambar menjadi berbeda dan menghasilkan komposisi berbeda pula. Gambar dengan FL angka kecil memiliki background yang lebar pula, sebaliknya FL dengan angka besar seperti pada lensa tele memiliki background yang lebih sempit.

Kamera DSLR biasanya untuk entry level dibekali dengan sebuat lensa kit dengan FL 18-55. Yang selama ini saya lihat orang-orang lebih sering mengatur posisi nyaman mereka untuk mengambil foto baru kemudian mengatur FL mengikuti komposisi foto. Sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut. Mulailah dengan membayangkan komposisi foto tersebut. Jika background bagus dan ingin memasukkannya pada foto gunakan FL angka kecil atau angka 18 di lensa kit. Jika background kurang bagus dan ingin memasukkan model sebagai object utamanya gunakan FL angka besar atau 55 di lensa kit. Baru setelah itu atur jarak foto mengikuti bayangan komposisi tadi dan liahtlah perbedaan hasil foto anda sekarang, pastinya akan lebih baik dari sebelumnya karena lebih terkonsep.

 

Advertisements