30 Days Ramadhan Photo Challenge – Part 1

Tidak terasa ramadhan sudah memasuki hari ke 12. Kemarin di awal ramdhan saya buat photo challenge untuk diri saya sendiri. Challengenya adalah memposting foto-foto makanan yang saya buat di account instagram saya. Bukan bermaksud bikin ngiler hehehe, tujuan saya membuat challenge ini adalah untuk meningkatkan kemampuan saya dalam membuat foto makanan dan juga dalam menghiasnya. Sudah jadi tradisi kalau buka puasa pasti pingin makan sesuatu yang istimewa, tidak seperti hari-hari biasa yang makan ala kadarnya. Untuk itu saya merasa momen puasa ini adalah saat yang tepat untuk membuat challenge ini.

Saya katakan di atas bahwa challenge ini bertujuan untuk meningkatkan skill fotografi dan menata makanan. Yes, membuat foto makanan itu tidak gampang ternyata. Kalau di luar negeri memang sudah ada ahlinya sendiri untuk urusan menata makanan, kalau di sini sepertinya belum ada, dan menurut saya setidaknya seorang fotografer harus bisa teknik menata makanan walaupun sedikit-sedikit. Teknik menata makanan dan fotografi makanan itu suatu kesatuan menurut saya, kalau makanan tertata rapi tapi fotografernya kurang baik makan foto yang dihasilkan juga kurang baik, begitu juga sebaliknya. Jadi untuk yang suka fotografi makanan atau food photography harus banget belajar teknik foto dan teknik menatanya juga. Oh ya, teknik menata makanan ini juga termasuk teknik menata piring, ornament, dan sebagainya ya. Sejauh ini saya masih belum sampai kesitu sih tapi besok-besok selama challenge ini akan saya coba.

Bagi yang belum follow instagram saya di sini saya akan post foto 10 hari pertama. Dan sesungguhnya saya kelewatan waktu hari pertama jadi saya tempelkan hanya 9 hehehe. Beberapa foto adalah makanan masakan saya sendiri, beberapa ada yang beli, dan ada yang masakan ibu saya.

