Step Belajar Fotografi – Memilih Kamera

Mumpung fotografi lagi ngetren dan banyak orang yang mengaku pemula tanya bagaimana belajar fotografi yang bener. Sekarang saya mau berbagi tips belajar fotografi dari pengalaman saya sendiri. Maklum saya belajar fotografi otodidak jadi masih inget banget dulu pertama-pertama masih gaptek kamera kayak apa.

Beli Kamera

Langsung aja masuk ke step pertama yang paling penting pastinya ya kameranya. Kamera di sini tidak harus beli, bisa pinjam dari teman-teman dulu, sekalian mencari kebenaran apakah kita benar-benar suka fotografi atau cuma musiman. Banyak orang-orang sekarang jual kamera mahal-mahal yang masih gress gara-gara mereka awalnya pikir mereka suka foto kemudian buru-buru beli kamera tapi ternyata bosan.

Next, masih tentang kamera. Kalau misal sudah yakin suka dengan fotografi dan ada budget buat beli kameranya monggo langsung dibeli kameranya. Saat ini menurut saya kamera dibagi 5, Analog, Handphone/Smartphone, DSLR, Mirrorless, dan Pocket. Untuk belajar tidak perlu menggunakan DSLR langsung, kalaupun ada budget dan pingin DSLR monggo, tidak masalah untuk beli. Tapi saya lebih menyarankan menggunakan Pocket, Mirrorless, atau Handphone. Kenapa begitu? Karena saya dulu belajar menggunakan itu, dan lebih lanjutnya akan saya jelaskan di step berikutnya.

Leave a Reply

